Wednesday, July 14, 2021

Seiring waktu perkembangan Bisnis Internasional

 Dunia digital seperti saat ini dimana segala aktivitas dilakukan dengan online atau melalui jaringan internet guna mempermudah segala kegiatan yang dilakukan. Tentu saja, semakin banyak pula peluang usaha atau bisnis yang dapat anda jalankan dengan meninjau kembali lingkungan sekitar anda. 

Sudahkah anda tahu apa itu bisnis internasional? mungkin bukan hal yang aneh lagi, karena bisnis internasional ini sudah ada sejak zaman dahulu. Namun kebanyakan para pebisnis belum berani mengambil resiko dan tantangannya jika masuk dalam bisnis internasional sehingga hanya mengandalkan bisnis domestik dimana hanya daya beli dari masyarakat lokal saja.

Dengan begitu tentunya kita harus mengetahui bagaimana asal mulanya bisnis internasional ini, agar anda para pebisnis dapat memahaminya dan juga dapat mengembangkan lagi pikirannya agar dapat mencapai pasar internasional. Simak pembahasannya disini.

Pengertian Bisnis Internasional

Bisnis Internasional adalah aktivitas bisnis yang dilakukan dengan transaksi bisnis antara pihak yang berasal dari suatu negara ke negara lainnya.

Sejarah

Pada sebelum Masehi, pedagang-pedagang Venesia dan Yunani mengirim wakil ke luar negeri untuk melakukan penjualan barang mereka. Pada tahun 1600, British East India Company mendirikan cabang di luar negeri Asia dan membentuk perusahaan dagang. Bahkan, sejumlah perusahaan dari Belanda membuka rute perjalanan ke timur untuk membentuk  Dute East India Company dan membuka cabang di Asia yang dimana dibentuk pada tahun 1590. Kemudian pada tahun 1700 para pedagang kolonial Amerika mulai beroperasi dengan model yang sama.

Pada tahun 1868, merupakan kali pertamanya perusahaan Amerika berhasil memasuki produksi luar negeri yaitu sebuah pabrik yang didirikan di Skotlandia oleh Singer Sewing Machine. Setelah itu, pada tahun 1880, beberapa pabrik manufaktur diluar negeri sehingga Singer telah menjadi organisasi dunia dengan penjualan luar biasa. 

Adapun hal yang menarik dan berlawanan dengan situasi sekarang ini, pada tahun 1920-an mobil yang dijual di Jepang adalah buatan Amerika Serikat. Mereka mengirimkannya ke Jepang dalam bentuk bongkar pasang untuk dirakit ditempat. Amerika merupakan negara dengan investor asing terbesar. 

Keuntungan 

1) Mendapatkan Barang yang Dibutuhkan Dalam Negeri

Indonesia tidak mampu menghasilkan mesin-mesin berat untuk pengolahan tekstil sehingga melakukan perdagangan dengan negara maju. Sehingga dengan adanya perdagangan internasional ini bermanfaat dalam mendapatkan barang yang tidak bisa diproduksi dalam negeri. 

2) Menambah Cadangan Devisa bagi Negara

Dengan penggunaan mata uang asing maka akan menambah cadangan devisa negara Indonesia sehingga dapat meningkatkan kekayaan negara. Dengan menjual barang dari dalam negeri untuk konsumen di luar negeri. 

3) Perbaikan Teknologi Produksi

Dengan semakin berkembangnya zaman maka seiring perdagangan dengan negara lain akan menuntun belajar dalam menggunakan teknologi yang lebih maju dari negara yang sudah maju. Dan juga negara kita Indonesia dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengimpor komponennya dan dirakit di Indonesia untuk menjadi barang jadi. 

Kerugian 

  1. masuknya produk luar negeri ke dalam negeri.  Dengan masuknya produk luar negeri membuat masyarakat cenderung konsumerisme terhadap produk tersebut. Sehingga menilai bahwa kualitas barang dari luar negeri lebih bagus dibandingkan dalam negeri. Nah anggapan itu akan menjadi tantangan bagi para produsen lokal untuk terus memperbaiki kualitas barang dan mampu bersaing dengan produk luar negeri.

  2. Besarnya konsumsi terhadap barang buatan luar negeri. Jika semakin besarnya konsumsi terhadapat barang luar negeri mungkin saja akan berakibat lebih buruk terhadap keberadaan industri kecil yang ada. Karena jika suatu barang dalam negeri kurang diminati oleh masyarakat akan kalah dengan buatan luar negeri dan mengakibatkan penyusutan jumlah industri kecil, juga dapat menimbulkan pengangguran yang akan berakibat buruk bagi perekonomian negara. 

Dalam memasarkan suatu produk tentu saja dapat dilakukan dengan berbagai platform mulai dari media sosial, aplikasi, website dan lainnya sehingga membantu dalam proses promosi produk. Platform penunjang dalam mempromosikan produk agar terjangkau dengan relasi yang lebih luas adalah Taxia.

Demikian penjelasan dari suatu bisnis internasional, semoga menambah keinginan anda dalam melakukan suatu bisnis terutama mampu bersaing dengan produk luar negeri.

0 comments:

Post a Comment