Monday, October 21, 2019

Kenali alasan mahasiswa sering lulus telat, Biar kamu nggak jadi salah satunya.

Seperti yang kita tahu, idealnya kewajiban menyelasikan pendidikan dibangku kuliah  atau perguruan tinggi adalah 4 – 5 tahun. Lebih dari waktu tersebut bisa dikatakan bahwasannya kita lulus terlambat yang terkadang terdengar tidak umum. Hanya saja tidak semua mahasiswa bisa lulus tepat waktu, ada banyak sekali mahasiswa yang lulus terlambat sampai lebih dari 5 tahun. Tentunya dengan berbagai alasan. Entah karena menyambi bekerja atau bahkan ada yang karena malas sehingga waktu yang seharusnya ia gunakan jadi terbuang sia – sia.

Fenomena lulus terlambat ini pada kenyataannya akan membawa lebih banyak kendala yang akan berpengaruh pada masa depan suatu individu itu sendiri. Untuk itu, perlu diketahui apa saja sebenarnya alasan yang melatar belakangi seorang mahasiswa pada akhirnya lulus terlambat, sehingga tidak menjadikan kita menjadi salah satu mahasiswa tersebut.

1. Kelemahan Kemampuan Akademik Individu 
Faktor pertama dan terkadang menjadi salah satu faktor utama yang membuat banyak mahasiswa lulus terlambat adalah kelemahan akademik yang mereka miliki, dan kebanyakan mahasiswa dengan kemampuan akademik yang rendah seperti ini justru memiliki semangat yang rendah juga, sehingga menjadikan mereka malas mengejar ketertinggalan yang ada yang mana tidak jarang membuat mereka kemudian mengulang mata kuliah.

2. Beban SKS Persemester yang Diambil.
Kebanyakan Universitas Di Indonesia mensyaratkan mahasiswanya untuk mengambil maksimal 24 Sks tiap semesternya, tentu hal ini dapat terlaksana jia seorang mahasiswa tersebut mendapatkan IPK yang bagus di semester sebelumnya. Jika kamu termasuk orang yang memiliki kemampuan belajar yang rendah, sebaiknya jangan terlalu banyak mengambil banyak sks dalam satu semester. Walaupun sebenarnya secara tekhnis kamu mampu mengambilnya. Jika dipaksakan, hal ini tentu akan merugikan diri kamu sendiri dikemudian hari, lebih baik kamu mengambil sedikit akan tetapi fokus mu terhadap mata kuliah yang kamu ambil bagus dari pada harus mengambil banyak akan tetapi kamu tidak mampu menanggulangi segala tuntutannya. hasil belajar yang kamu  lakukan tidak akan optimal dan dapat membuat kamu pada akhirnya lulus terlambat.

3. Bekerja Sampingan yang Berlebihan
Tidak dipungkiri banyak mahasiswa yang memilih untuk bekerja sampingan guna membantu meringankan biaya kuliah dan beban orangtua mereka. Hanya saja, mereka seringkali bekerja secara berlebihan sehingga mengganggu aktivitas belajar di kampus, dan terkadang membuat mereka lelah sehingga tidak lagi memiliki fokus pada kewajiban utama mereka yaitu pada kampus yang kemudian bisa menjadi faktor mereka pada akhirnya lulus terlambat.

Untuk menanggulangi masalah tersebut dan membuatmu tetap lulus tepat waktu, kamu dapat memanfaatkan kecanggihan tekhnologi saat ini. Mengingat dunia sudah semakin berkembang seperti tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Kamu sebenarnya bisa menanggulangi segala faktor yang nantinya akan merugikan kamu terkait dengan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Yorsha sebuah marketplace yang menyediakan jasa jasa digital yang mana juga mampu untuk pemenuhan tugas tugas kuliah yang kebanyakan mahasiswa dapatkan saat ini seperti Pembuatan Program & IT, Jasa Marketing, Bisnis, Pembuatan Selebaran Poster, Pembuatan Video & Audio, Penulisan & Terjemahan dan lain sebagainya. Dengan adanya Yorsha, Yorsha bisa membantumu untuk menjadi mahasiswa yang lebih rajin dengan cara yang tidak memberatkanmu. Sehingga kewajiban yang harus kamu selesaikan mampu terpenuhi tepat pada waktunya. 


0 comments:

Post a Comment